Jumat, 16 Desember 2011

PERANGKAT KERAS INTERNET DAN JARINGAN

A.Perangkat utama pendukung koneksi internet
  1. perangkat client
perangkat client adalah perangkat yang mutlak harus ada untuk dapat mengakses    internet.
Contoh perangkat client:
  1. PC Desktop,adalah komputer personal yang digunakan untuk menjalankan aplikasi desktop dlm keperluan sehari2.keunggulannya antara lain lebih tahan banting,harga relatif murah dan mudah untuk di upgrade. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan tempat untuk menggunakannya,membutuhkan banyak kabel dan tidak mudah untuk dipindah2.
  2. Notebook,adalah komputer personal yang memiliki sumber daya baik baterai maupun listrik AC.kelebihannya adalah masalah portable,small dan conveinant,sedangkan kelemahannya adalah kemampuannya terbatas,keyboard dan mouse kecil,membutuhkan biaya yang banyak untuk membeli dan lebih sulit penggunaannya disbanding desktop.
  3. Handphone,adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line yang konvensional dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.
  4. PDA,adalahsebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana2.PDA banyak digunakan sbg pengorganisir pribadi awalnya,tetapi karena perkembangannya bertambah banyak fungsinya seperti kalkulator,penunjuk jam dan waktu,permainan komputer dll.
  5. Smartphone,adalah sebuah ponsel multifungsi yang menggabungkan beberapa fungsi dari sebuah Pda,seperti personal scheduler,kalender,dan phonebook.dan dilengkapi dengan kemampuan untuk mengakses internet,cek email dan permainan online.
  6. Thinclient,dirancang untuk efisiensi dan pemanfaatan penuh kemampuan komputasi darikomputer server yang saat ini kekuatannya dr cukup untuk memenuhi kenutuhan komputasi normal.
2.Modem
  1. pengertian modem
berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa,sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima shg informasi tsb dapat diterima dg baik.terdapat 2 macam modem,yaitu modem eksternal dan modem internal.
  1. cara kerja modem
kebanyakan modem digunakan oleh PC atau laptop dg menggunakan teknik asynchronous.maksudnya ketika modem ini mengirimkan data tanpamenggunakan clock untuk menyinkronisasikan kegiatan dari kedua system yang terhubung.
  1. fungsi modem
yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Selain itu,modem juga memiliki kemampuan menjadi fax modem,fax modem ini bekerja seperti faksimil,dengan sebuah software yang dirancang khusus.
  1. Jenis-jenis modem
Terbagi atas:
  1. modem analog,yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyaldigital.
  2. modem ADSL
  3. modem kabel,yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV kabel.
  4. modem CDMA
  5. modem 3GP
  6. modem GSM
3.Line Telephone
Ladalah sambungan instalasi telephoneyang masuk ke rumah kita. Jika kita menggunakan layanan dial up maka secara otomatis telepon rumah tidak akan berfungsi untuk sementara waktu.
B. Perangkat Pendukung  untuk Mengembangkan JAringan iInternet
  1. Server, adalah sebuah system computer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan computer.
Macam server :
    1. PC Server
    2. Branded Server
    3. Cluster Server
    4. Mainframe Server
  1. Repeater, suatu perangkat dengan program yg digunakan untuk mengatasi keterbatasan fisik suatu sekmen jaringan.
  2. Hub, adalah titik penyambung diantara station dengan station dan diantara station dengan server
Dua kategori hub :
    1. Hub Chasis
    2. Hub Stack kable
  1. Switch, adalah perluasan dari konsep bridge
  2. Router, adalah system jaringan baik itu skala kecil maupun skala besar.
  3. Proxy, adalah sebuah computer server yang dapat bertindak sebagai computer lainnya untuk melakukan request tyerhadap konten dari internet.
  4. Gateway, adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan computer dengan satu atau lebih jaringan computer yang menggunakan protocol komunikasi yang berbeda.
  5. Access point, alat Bantu pada jaringan wireless atau WLAN.
  6. kartu jaringan, sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari computer ke sebuah jaringan computer.
  7. Media transmisi, merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer atau pheriperal lainnya.
Jenis media transmisi :
    1. Media transmisi kabel
    2. Media transmisi nirkabel

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih sudah berkunjung